Anggota Prioritas Prioritas Indonetwork
Tahun ke-1
Pusat Grosir alat cleaning service dan chemical cleaning service lokal maupun import di bekasi
Pusat Grosir alat cleaning service dan chemical cleaning service lokal maupun import di bekasi
http://alat-cleaning-service.com
 Katalog Produk:Tempat sampah organik dan non organik singgel dan doubel  Katalog Produk:Alat cleaning service   Alat cleaningservice   Alat cleaning service  Katalog Produk:Mesin Sweeper WITH BATTERY , Sweeper WITH CABLE, Mesin sikat lantai pabrik MEREK FORTEE  Katalog Produk:Vacuum Cleaner liter MEREK FORTEE  Katalog Produk:Backpack Vacuum Cleaner   vacuum cleaner gendong Merek FORTEE  Katalog Produk:Mesin cuci karpet dorong Merek FORTEE  Katalog Produk:Alat poles marmer   Alat poles marmer   Alat poles marmer Merek FORTEE  Katalog Produk:Alat cleaning service  Katalog Produk:Vacuum Cleaner merek Fortee  Katalog Produk:Alat cleaning service kami siap antar ke bekasi, jakarta, surabaya, semarang, bali, palembang, medan, kalimantan, sulawesi  Katalog Produk:Alat cleaning service, mesin scrubber, polisher machine, jonitor cart, alat kebersihan  Katalog Produk:Alat cuci karpet, alat pembersih karpet, alat penyedot karpet  Katalog Produk:Alat cuci karpet   Mesin cuci karpet Merek Fortee   distributor tunggal merek fortee  Katalog Produk:Alat cleaning  Katalog Produk:alat cleaning seperti vacuum cleaner, polisher machine, nomad, standing astray  Katalog Produk:Cleaning equipment  Katalog Produk:POLISHER MEREK FORTEE BF 520 13 INC Mesin Cuci Karpet  Katalog Produk:HIGH SPEED POLISHER Merek FORTEE  Katalog Produk:Wax Strip Freedom FLOOR SEALER Fortify FLOOR FINISH ( Trafict grade ) FLOOR FINISH ( Trafict liquid wax ) FLOOR SEALER FINISH ( New complete ) FLOOR SEALER FINISH ( terrashine ) MARBLE CRISTALISATION ( Terranova 3, 75 LT) MARBLE CRISTALISATION ( Pasta Bla  Katalog Produk:Distributor Setrika Uap Gas ( Boiler)  Katalog Produk:Dust Pan sapu.  Katalog Produk:Sarung Tangan Karet Warna : Orange dan Kuning   Flock lining  Katalog Produk:Tangga lipat   Tangga almunium   Distributor Tangga lipat maupun almunium di jakarta dan bekasi  Katalog Produk:Sabun cuci piring Merek kinclong kemasan 250 ml   sabun cuci piring merek kinclong kemasan 330 ml  sabun cuci piring merek kinclong kemasan 600 ml   sabun cuci piring merek kinclong kemasan 1500 ml dengan aroma lemon   jeruk nipis   strobery  Katalog Produk:Max Clean Glass cleaner   Max clean floor cleaner  Max clean karbol wangi   Max clean Stainless cleaner  Max clean hand shop  wax strips  New complate  MPC   bakteri pengurai  minyak lobby  Katalog Produk:alat kebersihan  Katalog Produk:CUCI KARPET DI JABODETABEK  Katalog Produk:Jasa poles marmer  Katalog Produk:Cuci karpet kantor   Cuci karpet kantor   Cuci karpet kantor  Cuci karpet kantor  Katalog Produk:Cuci lampu kristal   Cuci lampu kristal   Cuci lampu kristal  Cuci lampu kristal  Katalog Produk:Chemical cleaning service di jual Floor clener, resin, sampo karpet, galass clener, karbol wangi, hand soap, prosteck, chemical cleaning  Katalog Produk:Standard Mop pel complet   Standard Mop pel complet   Standard Mop pel complet  Katalog Produk:Lobby Duster komplit   Lobby Duster komplit   Lobby Duster komplit alat cepat untuk menyapu area luas  Katalog Produk:Keset kaki nomad floor mating   Keset kaki nomad floor mating   Keset kaki nomad floor mating  Katalog Produk:Tempat sampah organik   Tempat sampah organik   Tempat sampah organik  Katalog Produk:TELESCOPIC Window Cleaning Washing   Alat pembersih kaca tinggi  Katalog Produk:Mesin cuci karpet, mesin poles marmer MEREK  FORTEE A  005  Katalog Produk:Lap Kanebo glossy   Lap Kanebo glossy   Lap Kanebo glossy  Katalog Produk:Pembersih noda pada karpet noda senyawa electra ampuh membersihkan nya  Katalog Produk:New complete   New complete   New complete  Katalog Produk:Kain Majun tumpuk   kain majun tumpuk   kain majun tumpuk  Katalog Produk:Floor cleaner   Floor cleaner   Floor cleaner  Katalog Produk:Hand soap   Hand soap   Hand soap  Katalog Produk:POLES MARMER jakarta dan di bekasi bandung  Katalog Produk:Cuci Kursi Kantor   jasa cuci kursi kantor  Katalog Produk:Keset nomad 3M keset nomad 3A Keset nomad 3M keset nomad 3A  Katalog Produk:Service alat cleaning rusak Mati seperti Vacuum cleaner   Pulisher   Vacuum industri   Large Sofa Maitainer   Searvice Sweeping Machine   Service auto scrubber   with battery   electric  Katalog Produk:Wet & dry vacuum cleaner   Wet & dry vacuum cleaner  Katalog Produk:Konveksi Seragam kantor   BAHAN DRIL seragam Clening Service seragam satpam seragam baby sister  Katalog Produk:single bucket   single bucket   single bucket  Katalog Produk:Jepitan mop   Jepitan mop   Jepitan mop  Katalog Produk:Janitor Cart   Janitor Cart   Janitor Cart  Katalog Produk:Vacuum cleaner 90 liter   Vacuum cleaner 90 liter   Vacuum cleaner 90 liter   Vacuum cleaner 90 liter  Katalog Produk:Sweeper With Battery XD4A merek fortee clean   Sweeper With Battery XD4A merek fortee clean  Katalog Produk:Double Buket   Double Buket   Double Buket  Katalog Produk:VACUUM CLEANER MEREK FORTEE   VACUUM CLEANER MEREK FORTEE   VACUUM CLEANER MEREK FORTEE ADA YANG 10 LITER, 15 LITER, 30 LITER, 60 LITER, 70 LITER, 80 LITER, 100 LITER  Katalog Produk:Standing ashtray   Standing ashtray   Standing ashtray   Standing ashtray  Katalog Produk:Pemutih pakaian   Pemutih pakaian   Pemutih pakaian  Katalog Produk:STELLA GANTUNG   STELLA GANTUNG  Katalog Produk:Tissue kotak   tissue rool tulang   tissue rool tanpa tulang  Katalog Produk:SURAT DUKUNGAN TENDER ALAT CLEANING SERVICE DAN CHEMICAL CLEANING SERVICE  Katalog Produk:Alat cleaning   Alat cleaning   Alat cleaning   Alat cleaning  Katalog Produk:Distributor Tempat sampah Merek JAVA CLEAN Jual berbagai aneka macam tempat sampah Plastik dan fiberglass  Katalog Produk:Standing ashtray   Standing ashtray   Standing ashtray   Standing ashtray  Katalog Produk:Distributor Vacuum cleaner   Distributor Vacuum cleaner   Distributor Vacuum cleaner  Katalog Produk:Perlengkapan House Keeping   Perlengkapan House Keeping   Perlengkapan House Keeping  Perlengkapan House Keeping  Katalog Produk:standing astray   standing astray   standing astray  Katalog Produk:Alat cleaning   Alat cleaning   Alat cleaning  Katalog Produk:Plastik sampah   Plastik sampah  Plastik sampah  Katalog Produk:Poles marmer   Poles marmer   Poles marmer   Poles marmer  Katalog Produk:Kain pel   kain pel   kain mop  Katalog Produk:Karpet nomad 3M   Karpet nomad 3m   Karpet nomad 3M  Katalog Produk:Distributor tempat sampah 120 liter, tempat sampah 240 liter, tempat sampah troly roda 2 tempat sampah plastik hdpe, tempat sampah warna hitam  Katalog Produk:Java sport original lantai interlocking, Java Sport lantai interlocking lantai plastik Lantai futsal 081807979835 / 081212800432 / 087779038595  Katalog Produk:jual alat cleaning service  Katalog Produk:Perusahaan Jasa konstruksi real estate,   jasa konstruksi Gudang pabrik jasa kostruksi Lapangan futsal , jasa konstruksi gedung olah raga.   Rumah tinggal   perkantoran   jasa kostruksi Tower   jasa konstruksi jembatan  Katalog Produk:LANTAI INTERLOCKING , lantai plastik Lantai futsal, lantai plastik lapangan futsal, lantai interlocking basket, voli, dan badminton Hub 087779038595  Katalog Produk:Bill boy   Bellman' s cart hotel   Alat Perlengkapan Hotel/ peralatan hotel/ house keeping product/ room boy cart/ bell boy/ house keeping cart/ janitor trolley/ lugage trolley/ room boy / trolley/ bell boy trolley/ house keeping trolley  Katalog Produk:Service Vacuum cleaner, service vacuum industri, perbaikan vacuum cleaner  Katalog Produk:Service mesin polisher, Service mesin scrubber, service mesin swepeer.  Katalog Produk:Hand Soap Sabun pencuci Tangan  Katalog Produk:Vacuum cleaner 30 liter Wet & Dry Vacuum Cleaner Stainless Steel Tank  Katalog Produk:Mesin cuci sofa, mesin cuci karpet  Katalog Produk:Sweeper MESIN SWEEPER XD2A dan Scrubber Machine DRYERS  Katalog Produk:VACUUM CLEANER MEREK FORTEE KAPASITAS 10 LITER  Katalog Produk:Singel bucket  Katalog Produk:Tempat sampah  Katalog Produk:kursi fiber, kursi tunggu fiber, kursi stadion, bangku metro mini, kursi taman  Katalog Produk:Tempat Sampah Fiber, Tong Sampah Fiber, Bak Sampah Fiber, Fiber Dustbin, double trash bin  Katalog Produk:Kursi Fiberglass | Bangku Fiberglass | Tempat Duduk Fiberglass | Kursi Stadion Fiberglass kaki Stainless  Katalog Produk:Alat cleaning service singgel bucket  Katalog Produk:Motor vacuum amatek dry , Motor vacuum cleaner wet & dry  Katalog Produk:Standing Ashtray  Katalog Produk:jasa cuci lampu kristal, jasa poles marmer, jasa cuci karpet, jasa cuci hordeng  Katalog Produk:Tempat sampah fiber Tempat sampah organik Tempat sampa singgel Tempat sampah 3 in one Tempat sampah doubel Tong sampah fiber Tong sampah organik Tong sampah singgel Tong sampah doubel Standing ashtray Standing astray Tempat sampah fiber 120 liter Tempat s  Katalog Produk:Tempat sampah fiber, tong sampah fiberglass, tong sampah fiber, tempat sampah fiberglass, tempat sampah fiber, bak sampah fiberglass, kotak sampah fiberglass.tong sampah fiber.  Katalog Produk:garbage bin 120 liter fiber dan 240 liter.  Katalog Produk:Pad merah 3M   Pad coklat 3M   Pad putih 3M   Pad hitam 3M  Katalog Produk:Mesin poles marmer dan mesin cuci karpet, mesin polisher  Katalog Produk:Vacuum cleaner wet & dry, vacuum penyedot debu, vacuum peyedot air, Vacuum 10 liter, vacuum 15 ltr, vacuum 30 ltr, vacuum 70 liter, vacumm 90ltr  Katalog Produk:Cuci karpet kantor, cuci sofa, cuci lampu kristal, poles marmer, cuci lantai epoxy, cuci hordeng  Katalog Produk:Tempat sampah fiberglass, Bak sampah fiberglass. Tong sampah fiberglass double Tong sampah fiberglass single  Katalog Produk:Mesin cleaning service  Katalog Produk:Bubuk kuning , bubuk pengkilap marmer  Katalog Produk:Cuci sofa spring bed dan karpet dan poles marmer  Katalog Produk:Cuci sofa, Cuci karpet, Poles marmer, cuci lampu kristal , Cuci spring bed  Katalog Produk:Kabel rol ukuran 25 meter sampai 50 meter  Katalog Produk:Vacuum cleaner wet & dry ukuran 70 liter  Katalog Produk:Bubuk kuning obat poles marmer  bubuk kuning  poles marmer  Katalog Produk:Bak sampah 120 liter troly 240 liter Tempat sampah Sulo warna merah ijo abu abu dan biru, kuning, dll  Katalog Produk:Guest Room Service Cart   Guest Room Service Cart  Katalog Produk:Tangki air faiber : : Toren air  Katalog Produk:Bak mandi faiber  Katalog Produk:3M NOMAD   Nomad 3M   kesed nomad   floor mating 3M  Katalog Produk:Standing ashtray swing  Katalog Produk:Tempat sampah duduk 4 lubang dubell : : tempat sampah fiber  Katalog Produk:Tempat sampah duduk 2 lubang singel : : tempat sampah fiber  Katalog Produk:Gerobak sampah dorong type B 110B tilt container  Katalog Produk:Tempat sampah kertas: : Waste Paper Gathering Bin  Katalog Produk:Microfiber Flat Mops : : Multi mop  Katalog Produk:Tangki panel  Katalog Produk:Mop cart singa 400.lobby daster cart  Katalog Produk:accessories of vacuum  Katalog Produk:Dustpan  Katalog Produk:Auto scrubber FORTEE CB 461  Katalog Produk:Sapu nylon   short broom  Katalog Produk:Recycle Waste Bins, tempat sampah Limbah, tempat sampah faiber  Katalog Produk:JUal Sampo Karpet extra 9   jual Sampo cuci sofa extra 9   jual Sampo cuci spring bed extra 9  Katalog Produk:Standing ashtray karya anak indonesia  Katalog Produk:Jasa cuci gorden, cuci vitrace, cuci hordeng  Katalog Produk:Jasa pembuatan lantai epoxy  Katalog Produk:Cleaning searvice kantor di jakarta  cleaning service pabrik  Katalog Produk:Escalator cleaner Merek Fortee  Katalog Produk:Helem proyek, Alat sefty  Katalog Produk:Vacuum industri   VACUUM INDUSTRIAL VACUUM CLEANER  Industrial vacuum cleaner  Katalog Produk:Sikat wc nagata, sikat gagang, sapu nilon nagata  Katalog Produk:Perusahaan Cleaning service , jasa cleaning service, Outsourcing cleaning service  Katalog Produk:Peluang usaha Cuci sofa, peluang usaha cuci karpet, peluang usaha cuci spring bed, peluang usaha cleaning kamar mandi, peluang usaha poles marmer.peluang usaha cuci karpet kantor, peluang usaha poles teraso  Katalog Produk:Pemberat mesin/ alat poles marmer  Katalog Produk:Kain Lobby Duster  Katalog Produk:Scrubber Machine DRYERS  Katalog Produk:Standing astray galpanis karya anak bangsa indonesia  Katalog Produk:ANTI SLIP   ENTRAP 3200 3M  Katalog Produk:Tong sampah singgel, Tong sampah doubel  Katalog Produk:Tempat sampah Sulo Bin Offer   Advert 120 dan 240 liter  bak sampah sulo troly  Katalog Produk:Antrian bank, Antrian bank tali gesper, tiang antrian  Katalog Produk:Standing Ashtray stainless steel  Katalog Produk:Menjual dan memproduksi Rak Stainless Steel dalam jumlah massal, Siap supply ke seluruh Indonesia dan luar negeri.  Katalog Produk:Mesin cuci Sofa teknologi menyikat dengan mesin  Katalog Produk:Rental alat cleaning service  Katalog Produk:Keset kaki nomad, keset kaki untuk lobby  Katalog Produk:Cuci Gordyn Vitrage, Wallpaper, Krey/ Blinds  Katalog Produk:Plastik sampah, Plastik medis.  Katalog Produk:Jasa Pasang marmer  Katalog Produk:Jasa cuci lantai vinyl & cuci lantai epoxy cuci lantai pabrik , cuci lantai bekas proyek  Katalog Produk:Tangga almunium  Katalog Produk:Diamond Disc Type 50, 500, 800, 1000, 1500, 2000, 3000 alat Mengupas, permukaan Pada lantai marmer, granite  Katalog Produk:Squeege   wiper lantai import warna merah, warna biru, warna kuning  wiper lantai  Katalog Produk:mesin poles marmer, alat poles marmer, Floor scrubber , mesin crystalisasi  Katalog Produk:Polisher Machine MEREK FORTEE TYPE BF 522  Katalog Produk:Pad holder mesin polisher merek fortee, Tatakan mesin polisher, tatakan mesin poles marmer  Katalog Produk:Tanki polisher merek fortee, Big Tank, tanki mesin poles marmer, tanki mesin cuci karpet  Katalog Produk:accessories vacuum merek fortee 15 liter, 30 liter, 60 liter, 70 liter, 90 liter, vacum industri  Katalog Produk:Buckle, Components Machine polisher, ring polisher merek fortee  Katalog Produk:S.S.Wool, Machine Components, bahan untuk kristalisasi marmer, granite  Katalog Produk:Water Brush C 089 Pemberih/ pengosonk untuk membersihkan keramik kamar mandi  Katalog Produk:Round Dust Brush C 087 , pembersih sarang laba laba pada plafon rumah pabrik, hotel, rumah sakit  Katalog Produk:Waist Tube Brush C 088  Katalog Produk:Sweeper With Battery XD4A  Katalog Produk:Single brush ground cleaning machine  Katalog Produk:wiper kaca alat untuk membersikan kotoran air stainles glass scrape  Katalog Produk:Blower Mesin pengering karpet   Mesin pengering sofa   mesin pengering springbed ( Blower clean fix ) Blower pengering setelah dicuci basah.  Katalog Produk:Caution Board Papan wet Floor  petunjuk awas licin CAUTION WET FLOOR  Greenleaf papan peringatan Segi empat  Katalog Produk:Tempat sampah Double Trash Bin faiber, tong sampah Double Trash Bin, tempat sampah organik  Katalog Produk:Recycle bin set 3D tepat sampah fiber 3D  Katalog Produk:kanebo merek Auto sport dan kanebo vigano pebersih lap untuk mobil.  Katalog Produk:Mesin polisher Gibli  Katalog Produk:Hand truck, Troli 150 ton 300 ton  300 ton.  150 ton  Katalog Produk:PEMBERSIH KERAMIK CAIR  Katalog Produk:Tempat sampah roda dua, Tempat sampah faiber, Tempat sampah stalles, gerobak sampah, bak sampah motor, standing ashtray, tong sampah faiber, pabrik bak sampah faiber,  Katalog Produk:Ride on riangular brush ground cleaning machine XD  Jual:Dinner trolley perlengkapan untuk Restoran hotel dan rumah sakit  Katalog Produk:Mop holder plastik   mop holder import perangkat alat pengepel   mop clip mop complate  Katalog Produk:Gerobak sampah motor  Katalog Produk:laundry cart house keeping cart/ janitor trolley, house keeping trolley, double bucket, linen trolley, loundry trolley, trolley loundry, linen cart , loundry cart, tolley pakaian, kitchen tolley, room boy trolley, / room boy cart/ bell boy/ double bucket,  Katalog Produk:SAndal hotel sandal rumah sakit sandal untuk promosi  Katalog Produk:Singgel bucket 20L Wringer Trolley   Ember alat pemeras  Katalog Produk:Plastic soap dispenser D 054 : : dispenser foom handsoap  Katalog Produk:Hotel Product B 111 papan rambu rambu  Katalog Produk:2L Hingt pressure spray can botol semprot  Katalog Produk:Magic cloth tapas cuci piring  Katalog Produk:Paper Dispenser jumbo rooll  Katalog Produk:Candy Fool Bucket  Katalog Produk:Candy bucket   Cleaning Wax Barrel  Katalog Produk:Dinner Collector Cart D 016  Katalog Produk:Jonitor cart Multipurpose Trolleys J MP 2010A  Katalog Produk:Industrial Vacuum Cleaner  Katalog Produk:Keranjang Sampah  Katalog Produk:Contaiiner sampah  Katalog Produk:Bak pengangkut sampah di perumahan tempat sampah  Katalog Produk:Astroturf Anti slip keset daya serap krikil yang tinggi easy to clean  Katalog Produk:PASTA BLANCA  Katalog Produk:NILFISK High Pressure Cleaner E 130.2 8  Katalog Produk:NILFISK High Pressure Cleaner C 120.2 6  Katalog Produk:Mesin cuci mobil merek nilfisk type C 100.5 5  Katalog Produk:Luggage Cart Stainless Steel 1, 240 x 640 x 1, 750mm  Katalog Produk:Luggage Cart Stainless Steel  Katalog Produk:Gunting rumput  Katalog Produk:Hotel Product wet floor  Katalog Produk:25L Foot Pedal Extracting Bucket B 036  Katalog Produk:Polisher kodok Multi function Floor Machine BD1A  Katalog Produk:Edging Nomad: : list nomad  Katalog Produk:Complete Cleaning Set  Katalog Produk:Floor Brush and Scrapper with Handle  Katalog Produk:Peluang usaha cuci karpet: : peluang usaha cuci sofa: : peluang usaha poles marmer: : peluang usaha cuci spring bed: : peluang usaha cleaning service.Kami bantu memberikan pelatihaan peluang usaha jasa general cleaning service  Katalog Produk:Press Single Mop Wringer Trolley 30L Down  Katalog Produk:Frame Lobby Duster Frame Lobby Duster tersedia dalam ukuran 60 cm dan 80 cm  Katalog Produk:MESIN STRIKA UAP LISTRIK: : Mesin strika uap gas  Katalog Produk:Hand polisher mesin poles body mobil: : Mesin poles dinding marmer  Katalog Produk:Alat cuci sofa  Katalog Produk:GENERAL CLEANING  BERSIH BERSIH RUMAH  Katalog Produk:Dust vacuum head  head vacuum Dust: : aksesoros vacuum wet & dry  Beli:Alat cleaning bekas  Jual:Cuci lantai epoxy  Katalog Produk:Standing Ashtary ukuran 30 x 65 cm: : 23 x 60, : : ukuran 40x 80 stainlees steel  Katalog Produk:Detergent laoundry  Katalog Produk:Glass Cleaner cairan pembersih kaca  Katalog Produk:Floor Cleaner Pembersih Lantai  Katalog Produk:Pembersih stanliss cleaner 3M  Katalog Produk:Bowl cleaner  Katalog Produk:Glass cleaner  Katalog Produk:Karbol wangi  Katalog Produk:Air freshner  Katalog Produk:Tiang infus : : tiang infus rumah sakit : : tiang infus stanlis  Katalog Produk:handy cleaning bucket  Katalog Produk:Sapu Nagata  Katalog Produk:standing ashtray setengah lingkaran  Katalog Produk:Spare part alat cleaning service  Katalog Produk:Wax strip  Katalog Produk:Masker  Katalog Produk:RING POLISHER  Katalog Produk:Sikat karpet dan pad holder  Katalog Produk:Steel Poliihing ( Stewool )  Katalog Produk:Peluang usaha Butuh investor untuk pengolahaan pertambangan batu granite  Katalog Produk:Bubuk granite G7N  Katalog Produk:Sarung tangan proyek  Katalog Produk:Sapu lidi  Katalog Produk:Sapu lidi gagang  Katalog Produk:Mesin cuci mobil Mesin cuci motor High Pressure Washer HP12100 merek Fortee  Katalog Produk:Bak sampah troly merk garbage bin atau waste bin tong sampah 120 liter bak sampah  Katalog Produk:vacuum cleaner murah   vacuum cleaner mobil dll  Katalog Produk:SERVICE MESIN LOUNDRY  Katalog Produk:KAIN LOBY LOKAL  Katalog Produk:SARUNG TANGAN KARET  Katalog Produk:KAMPER BOLA  Katalog Produk:Filter vacuum cleaner  Katalog Produk:CUCI KARPET PAKAI POLISHER MACHINE 
Informasi Kontak
Nama:
Nn. Yati SE
[Direktur/CEO/Manajer Umum]
E-mail:
Pesan Instan:

Y!: alatcleaningservice@yahoo.com Y!: alatcleaningservice
Google Talk:  javazindobekasi@gmail.com  javazindobekasi@gmail.com
PIN BlackBerry: 25D90E1A 25D90E1A
Nomor Telpon:
Nomor telpon Nn. Yati SE di Bekasi
Nomor Ponsel:
Nomor ponsel Nn. Yati SE di Bekasi
Alamat:
JLN Makam Pahlawan Komplek Taman Juanda Blok P2 nomor 10
Bekasi 17111, Jawa Barat
Indonesia
Alamat Tervalidasi
Terima Service mesin-mesin cleaning service rusak atau mati seperti : blower keong - vacuum cleaner - polisher machine - Vacuum Industri - sweeper -Small Maintainer - SCRUBER MECHINE -WIND BLOWER Raid on batre dll
Rata-rata Tinjauan Pemakai

Tidak ada ulasan untuk perusahaan ini

Katalog Produk

Perusahaan Cleaning service , jasa cleaning service, Outsourcing cleaning service
HargaNego
Jumlah Pesanan:
Cara PembayaranTransfer Bank (T/T)
Kemas & PengirimanJasa Cleaning service
Negara AsalIndonesia
Kenalkan ke teman Anda
Keterangan
Company profail javazindo
PROPOSAL PENAWARAN JASA
CLEANING SERVICE & GENERAL CLEANING

I. LATAR BELAKANG
Di era globalisasi dan modern ini, kebanyakan orang atau perusahaan dan instansi menyukai hal yang instan, cepat, hemat, dan efisien. Termasuk dalam hal kebersihan lingkungan, misalnya situasi kantor yang bersih dan nyaman. Tetapi untuk menciptakan situasi kantor yang bersih dan nyaman orang harus mengeluarkan biaya lebih untuk pekerja dan obat – obatan untuk membersihkan setiap bagian dalam ruangan kantor. Dan itu dirasa tidak cukup efektif dan hemat.
Oleh karena itu, untuk menciptakan situasi kerja kantor atau ruangan yang bersih dan nyaman dengan praktis dan hemat, kami siap membantu anda dalam usaha pembersihan dan perawatan disemua bagian ruangan dan lingkungan sekitar kantor anda. Dengan lingkungan yang bersih, ruangan – ruangan yang bersih dan harum, otomatis akan menciptakan suasana yang nyaman bagi diri anda, orang orang yang ada disekitar ( pegawai) , para tamu dan klien anda.

II. TUJUAN
Tujuan penawaran jasa kami adalah :
1. Untuk membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan setiap ruangan dalam gedung klien kami
2. Untuk membantu perawatan gedung dan taman klien kami
3. Untuk membantu membersihkan setiap ruangan dalam gedung klien kami
4. Untuk memudahkan klien mengatasi masalah kebersihan dalam gedung maupun halaman kantor klien kami dengan lebih praktis dan biaya hemat

III. LINGKUP PEKERJAAN
1. Pemeliharaan Gedung Bagian Dalam
Pemeliharaan gedung bagian dalam meliputi:
a. Pembersihan plafon dari sarang laba – laba
b. Pembersihan tembok dinding dari noda – noda
c. Pembersihan tangga
d. Pembersihan pagar atau reilling dalam gedung
e. Pembersihan kap – kap lampu
f. Pembersihan smoke detector
g. Pembersihan tralis tralis dinding maupun lantai
h. Pembersihan kaca pemisah ruangan dan teralis bagian dalam
i. Pembersihan hiasan dinding
j. Pembersihan jendela kaca
k. Pembersihan Wallpaper
l. Dan lain – lain berdasarkan survey lapangan, akan ditambahkan sesuai permintaan
2. Pemeliharaan Gedung Bagian Luar, Kaca Jendela dan Tembok
a. Pembersihan atap atau talang gedung
b. Pembersihan kaca – kaca tinggi diatas 7 meter dan tralisnya
c. Pembersihan kaca jendela dan tralisnya
d. Pembersihan halaman dari kotoran
e. Pembersihan halaman parkir, driveway, walkway
f. Pembersihan logo / papan nama perusahaan atau instansi
g. Dan lain – lain sesuai kebutuhan
3. Pembersihan dan Pemeliharaan Lantai
a. Pembersihan lantai keramik
b. Pembersihan karpet
c. Pembersihan lantai marmer
d. Pembersihan lantai – lantai lain yang berada dalam area kantor
4. Pembersihan dan Pemeliharaan Kaca, Pintu, Jendela, Dinding dan Pilar
a. Pembersihan kaca dari debu dan bekas noda yang lain
b. Pembersihan pintu dari kayu, kaca atau bahan lain dari debu dan noda yang menempel
c. Pembersihan jendela kaca atau dari bahan yang lain dari noda yang menempel
d. Pembersihan pilar kayu atau stainles
5. Pemeliharaan Toilet
a. Pembersihan plafon dari sarang laba – laba
b. Pembersihan dinding dari noda sabun dan bercak air
c. Pembersihan accesories dalam kamar mandi
d. Pembersihan dan pengisian handsoap dispenser
e. Pembersihan meja wastafel
f. Pembersihan closet jongkok maupun dudukdan urinoir
g. Pembersihan dan polishing dengan nylonbrush lantai dan dinding toilet
6. Pembersihan Accesories Kantor
a. Pembersihan meja kerja
b. Pembersihan kursi kerja
c. Pembersihan filling cabinet
d. Pembersihan pesawat telepon dan partisi atau pemisah ruangan
7. Pemeliharaan dan Perawatan Taman
a. Pembersihan taman dari guguran daun dan sampah – sampah
b. Perawatan Taman dilakukan dengan cara menyiram tanaman 2 kali sehari, pagi dan sore
c. Perawatan taman dengan pengambilan daun – daun yang sudah menguning atau layu dan memangkas tanaman agar nampak lebih rapi.
d. Menggemburkan tanaman
e. Pemberian pupuk secara periodik
f. Pemberantasan hama tanaman
g. Penggantian tanaman yang mati

IV. WAKTU DAN OPERASIONAL KERJA
1. Kerja pegawai dimulai satu jam sebelum jam kerja kantor antara lain:
a. Pengambilan sampah sisa kemarin
b. Pembersihan meja dan kursi pegawai yang akan ditempati
c. Menyapu dan mengepel lantai
d. Pembersihan toilet
e. Pemberian pengharum ruangan
f. Pemberian pengharum telepon
g. Pembersihan daun pintu
2. Kerja pegawai selama jam kerja kantor klien
Selama jam kerja kantor klien, petugas kami selalu siap di tempat, untuk membersihkan lobby kantor, koridor ruangan, membersihkan toilet setelah dipakai tamu atau karyawan, halaman atau lantai untuk pejalan kaki, reiling, dan pengambilan sampah pada jam istirahat
3. Kerja pegawai satu jam setelah jam kantor klien berakhir diantaranya:
a. Mengambil sisa sampah yang tersisa selama jam kerja
b. Membersihkan meja dan kursi
c. Menyapu dan mengepel lantai
d. Membersihkan toilet
e. Dll.

V. TENAGA KERJA
Jumlah petugas yang ditempatkan ditentukan oleh kebutuhan kantor atau instansi serta berdasarkan kesepakatan dengan klien.

VI. FASILITAS
1. Peralatan kebersihan dan perawatan serta obat – obatan yang digunakan telah kami sediakan. Termasuk sapu, nylon, sekrop, dust pan, kapi, selang, timba, pupuk, chemical atau bahan pembersih, dll. ( Harga sudah termasuk petugas, peralatan dan perawatan gedung dan taman
2. Perawatan yang bukan tugas harian akan dijadwalkan berikutnya.
3. Paket kami sudah termasuk persediaan tissue roll, tissue facial, kamper ball/ pipih, pengharum ruangan, pengharum telepon, handsoap, hand tool, keset, keranjang sampah terbuka dan tertutup, dll

VII. SISTEM KERJASAMA
Sistem kerjasama yang kami tawarkan adalah sistem kontrak. Kontrak kerjasama berlaku sesuai permintaan klien, misalnya 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dst. Segala peraturan yang berlaku akan disesuaikan dengan surat perjanjian yang dibuat setelah kerjasama terjalin. Perihal lain – lain akan dibahas dikemudian hari.

VIII. HARGA
Harga yang dikenakan pada klien akan diajukan berdasarkan survey dan kebutuhan klien.

SOP ( Standar Oprational Prosedur) Cleaning service
Javazindo cleaning servica

- Koordinasi Masalah Ketenaga Kerjaan di masing-masing lokasi.
- Kontrak kerja dengan pengguna jasa
- Hubungan Kerja atau perjanjian kerja
- Penggajian / Upah
- Surat menyurat

a. Penarikan
b. Penempatan
c. Penggantian tenaga kerja : Cuti, Undur diri .Mutasi , Penarikan , Pembinaan , Pengurangan.
- Sistem Kerja Cs
- Sitem Pengawasan
- Barang dan Peralatan

JOB DESCRIPTION DIVISI CLEANING SERVICE
PERSONALIA CS :

1. Interviuw tenaga kerja
2. Orentasi tenaga kerja baru
a. Penyampaian Pedoman kerja 4 M & 5 R
b. Rutinitas Cleaning
c. Pengenalan Chemical dan barang serta alat Cleaning Service
3. Surat Menyurat
4. Pembinaan
5. Cek Absensi
6. Rekap Gaji
7. Pembinaan Tenaga Kerja
8. Cek Look Book SPV
9. Tanggap terhadap permasalahan di lokasi
10. Keluhan tenaga kerja dilapangan
Koord SPV :
1. Mengatur pengawasan supervisor keliling
2. Sistem kerja Supervisor : Rutinitas & Berkala, Ceklist kerja
3. Cek Lock book supervisor keliling
4. Mengatur General Cleaning meliputi pemolesan dan pencucian karpet
5. Penanganan complaint di lapangan
6. Cek buku keluar pengawas
7. Pengaturan lokasi baru
Supervisor
1. Bertanggung jawab terhadap lokasi yang diberikan
2. Keliling rutin lokasi
3. Membantu pembersihan lokasi
4. Mengisi penilaian terhadap lokasi dan tenaga Cleaning Service
5. Diwajibkan menghadap kabag umum atau pimpinan ( pemakai Jasa)
6. Mengisi form keluar kantor
7. Training tenaga Cs baru di lokasi
8. Wajib piket kantor
9. General cleaning service dilokasi Surabaya dan luar kota
10. Mengganti tenaga kerja yang tidak masuk apabila tidak ada pengganti

PROGRAM TETAP SUPERVISOR CS KANTOR
javazindo cleaning service

A. 3( Tiga) konsep cleaning service

KebersihanØ
KerapianØ
KetelitianØ

B. Urutan pengawasan di lapangan :
Pembersihan & Pengecekan .

HalamanØ
KacaØ
LobbyØ
Absensi CSØ
Barang + Chemical + Mesin ( Vaccum + Plesh ) Ø
Kerapian GudangØ
Seluruh Area GedungØ
Menghadap bagian umumØ
Bertemu dengan tenaga kerjaØ

C. Berpedoman pada 5 ( Lima) sikap mental :

IkhlasØ
JujurØ
DisiplinØ
Tanggung JawabØ
LoyalitasØ

D. Berpedoman pada 5 ( Lima) R dan 1 ( satu) T pedoman kerja :
ResikØ
RingkasØ
RapiØ
RawatØ
RajinØ
TelitiØ

TUGAS RUTIN TENAGA CLEANING SERVICE

Tugas rutin yang harus dikerjakan seorang tenaga cleaning service meliputi :

1. Membersihkan meja, computer dan telepon.
2. Membersihkan kursi
3. Membuang sampah
4. Membersihkan kaca indoor atau Outdoor.
5. Membersihkan sawang-sawang
6. Membersihkan kamar mandi meliputi.
MembersihkanØ Langit-langit atau sawang-sawang .
Membersihkan lampu kamar mandiØ
Membersihkan dinding kamar mandiØ
Membersihkan wastafelØ dan Cermin
Membersihkan ClosetØ
Menyikat atau mengepel kamar mandiØ
7. Membersihkan alat pemadam kebakaran
8. Membersihkan tempat puntung rokok
9. Membersihkan Halaman ( menyapu )
10. Perawatan bunga ( menyiram Pemupukan, menggemburkan tanah)
11. Menyapu lantai atau melobby
12. Mengepel lantai dll

General Cleaning :
Pembersihan kaca luar + LisØ
General kamar mandiØ
Pencucian Karpet ( bila ada karpet ) Ø
Pemolesan marmer / keramikØ

Jenis obat yang dipakai untuk pembersihan meliputi :
Obat untuk lantai disebut Forward warna hijauØ
Obat untuk kakus / wc disebut karbol warna putihØ
Obat untuk kaca / meja disebut glance warna biruØ
Obat untuk cuci tangan disebut hand soap warna kuningØ
Obat untuk pengharum kamar mandi disebut parfum warna merahØ
Obat untuk membersihkan kerak-kerak kamar mandi disebut gogetherØ
Obat untuk memperlancar saluran air / got disebut soda api ( bila perlu) Ø

Alat – alat cleaning service meliputi :
Sapu ijukØ
Sapu lidiØ
CikrakØ
Wolpell lengkapØ
Lobby dasterØ
Stik kacaØ
Vaccum Cleaner ( bila perlu) Ø
Mesin Poles ( Bila Perlu) Ø
Kop AirØ
Keranjang sampahØ
Dll.Ø

RUTIN NITAS Tenaga CLEANING SERVICE

Tugas Rutin yang harus dikerjakan seorang tanaga Cleaning Service

I. Pertama Yang harus dikerjakan
1. Membersihkan meja, Kursi, Komputer Telepon
2. Membuang sampah.
3. Membersihkan kaca indoor dan outdoor
4. Membersihkan sawang-sawang
5. Menyapu loby ( Ruang Nasabah)
6. Mengepel ruangan

II Membersikan Kamar Mandi Meliputi
1. Membersihkan langit-langit / sawang atap kamar mandi
2. Membaesikan lampu kamar mandi
3. Membersihkan dinding kamar mandi
4. Membersihkan wastafel & cermin
5. Membersihkan tempat sabun
6. Menyikat lantai dan membersihkan colset yang berkarak
7. Mengepal kamar mandi

III.Membersihkan Peralatan Gedung
1. Membersihkan alat pemadam kebakaran
2. Membersihkan tempat odner dan odder
3. Membersikan almari
4. Membersihkan bunga plastic
5. Membersikan pigora atau lukisan
6. Membersihkan tempat punting rokok Dll

IV. Menyapu dan Meloby
1.Menyapu ruang pimpinan serta melobi
2. ruangan nasabah atau loby

V. Mengepel

VI. Membersihkan Halaman
1. Menyapu dan mengepel halaman
2. Merapikan tanaman yang ada dijalanan
3. Perawatan bunga yang ada dihalaman maupun didalam gedung dengan cara ( menyiram, pemupukan, mengemburkan tanah)

Selesai Melaksanakan tugas rutin clening service diwajibkan merapikan serta merawat peralatan kerja yang habis digunakan.
Apabila tugas pagi sudah dilaksanakan untuk clening service diwajibkan melakukan pengontrolan lagi terhadap hasil kerja pagi.

Seorang clening service juga harus bias menggunakan alat- alat untuk general clening seperti:
1. Mesin vaccum
2. Alat polesh

General Cleaning biasanya digunakan pada hari sabtu atau minggu :
1. Pembersihan keseluruhan kaca luar dan list
2. General Kamar Mandi
3. Pencucian karpet ( Bila ada karpet)
4. Pemolesan lantai

Semua tenaga cleaning sevice wajib menjalankan dan melaksanakan pedoman kerja yaitu 5M & 5 R 1T:

5.Dasar mental
1. iklhas : dalam melaksanakan suatu pekerjaan.
2. jujur : jujur segi keuangan , absensi.
3. disiplin : dalam waktu kerja.
4. tanggung jawab : dalam bekerja maupun hasil kerja.

5 R 1 T .Pedoman kerja
1. resik : Bersih secara rasa, raba dan pandang.
2. Ringkas : Cara Kerja yang tertib dan terarah ( efiktif) .
3. rapi : kerapian untuk diri sendiri maupun hasil kerja.
4. Rawat : Pemeliharaan peralatan dan ketelitian.
5. Rajin : melakukan pekerjaan secara kontinu dan terus menerus.

JADWAL KERJA CS
javazindo

J a m K E T E R A N G A N
S E N I N - K A M I S
06.30 - 09.00 > Membersihkan Ruangan, Meja, Komputer, Telepon.
> Membuang sampah.
> Membersihkan Lantai ( dipel) , Kaca, Kamar mandi,
Wastafel, Halaman dan Tangga.
> Membuat Air Minum Untuk Staf.
> Membersihkan Dapur
09.00 - 10.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
Halaman, Dan Tissu.
10.00 - 12.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
10.00 - 12.00 Halaman Dan Tissu.
> Membantu Staf Kantor / karyawan
12.00 - 13.00 I S T I R A H A T
13.00 - 14.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca.
14.00 - 15.00 > Mengontrol halaman.
> Membatu Staf / Karyawan .
15.00 - 17.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
Halaman Dan Tissu.
> Membersihkan Dapur
17.00 P U L A N G
J U M ' A T
07.00 - 09.00 > Membuang sampah.
> Membersihkan Lantai ( dipel) , Kaca, Kamar mandi,
Wastafel, Halaman dan Tangga.
> Membuat Air Minum Untuk Staf.
10.00 - 12.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
Halaman Dan Tissu.
> Membantu Staf Kantor / karyawan .
12.00 - 13.30 I S T I R A H A T
13.30 - 14.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
Halaman Dan Tissu.
14.00 - 15.00 > Membersikan tempat sampah.
> Membersikan tempat sampah Rokok.
> Membersihkan Awang - Awang Ruangan.
> Mencuci Kain Lap Kaca Dan kain Pel.
> Membersihkan Musholla
15.00 - 17.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
Halaman Dan Tissu.
> Membantu Staf Kantor / karyawan

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
PERSONALIA

Standard Operational Procedure Personalia ( SOP)

1. Etika Pelayanan Kepada Pengguna Jasa
a. Penyampaian informasi
b. Penyampaian permasalahan
c. Penyelesaian permasalahan/ kejadian – kejadian dilokasi
2. Penempatan Tenaga Kerja
a. Permintaan dari pengguna jasa
b. Pengajuan tenaga kerja
c. Penempatan
d. Mutasi/ rolling
3. Penarikan Tenaga Kerja
a. Karena permasalahan
b. Karena pengurangan
c. Putus kontrak
d. Penyelesaian
4. Pembinaan Tenaga Kerja
a. Rutin
b. Karena permasalahan
c. Permintaan pengguna jasa/ pembinaan khusus
5. Permohonan Ijin / Cuti
a. Hak cuti
b. Tata cara pengajuan ijin/ cuti
c. Cuti khusus
d. Sanksi atas pelanggaran ijin/ cuti
6. Penggajian/ Pengupahan
a. Sistem penggajian/ pengupahan
b. Tata cara penghitungan upah per-hari

7. Penggantian Tenaga Kerja karena ijin/ cuti atau berhalangan masuk
a. Persiapan tenaga kerja pengganti
b. Uang transport/ uang PKL
8. Penanganan permasalahan
a. Tenaga kerja dan kejadian-kejadian dilokasi
b. Inventarisasi permasalahan
c. Klarifikasi
d. Solusi penyelesaian
e. Sanksi – sanksi
9. Status Hubungan Kerja
a. Tetap
b. Kontrak
1. Tata cara pemanggilan
2. Tata cara pengisian SK3 WT
a. Kontrak pertama
b. Kontrak kedua
c. Administrasi SK3 WT
10. Udur diri dan pinjam ijazah
a. Prosedur undur diri
b. Prosedur pinjam ijazah
11. Pengarsipan
a. Buku tenaga kerja
b. Surat menyurat
c. Lain-lain.

PENJELASAN

Standar Operational Procedure
1. Etika Pelayanan Kepada Pengguna Jasa
a. Penyampaian Informasi
Secara lisan ( langsung/ pertelepon) v
Informasi disampaikan secara sopan, dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas dan mudah dipahami.
Per-suratv
• Ditulis dengan menggunakan ejaan yang benar, sopan, singkat, dan jelas
• Disampaikan secara langsung atau via fax
b. Penanganan Permasalahan/ komplain
Setiap komplain diterima secara obyektif tanpa membedakan informasi pengguna jasa satu dengan pengguna jasa yang lainnya.v
Dilakukan pencatatan permasalahan/ komplain dengan mencantumkan sumber informasi, tanggal, dan waktu kejadian.v
Permasalahan/ komplain bisa disampaikan melalui secara lisan/ persurat/ pertelepon kepada personalia.v
2. Penempatan Tenaga Kerja
a. Permintaan Tenaga Kerja
v Setiap permintaan tenaga kerja baik berupa permintaan tambahan maupun permintaan dari pengguna jasa baru harus didasarkan pada permintaan yang disampaikan secara resmi/ tertulis.
Permintaan bisa disampaikan secara langsung ke kantor javazindo cleaning service, melalui jasa kurir atau via fax.v
Permintaan ditujukan kepada javazindo cleaning service v Up. Personalia.
b. Pengajuan Tenaga Kerja
Pengajuan tenaga kerja dilakukan segera setelah ada bukti permintaan secara tertulis perihal permintaan tenaga kerja.v
v Dalam hal pengajuan tenaga kerja kepada pengguna jasa, personalia terlebih dahulu berkoordinasi dengan divisi recruitment & Pusdik untuk menyiapkan personil yang telah memenuhi kualifikasi untuk diajukan kepada pengguna jasa
Setiap personil yang akan diajukan harus menyediakan berka-berkas sebagai pengantar dan bahan pertimbangan bagi pengguna jasa.v
v Sebelum menghadap kepada pengguna jasa, setiap personil dibekali/ di” briefing” agar lebih siap dan mantap serta mampu menunjukkan kualitas masing-masing saat menghadap kepada pengguna jasa sehingga mampu memuaskan pengguna jasa.

c. Penempatan
Penempatanv dilakukan setelah ada konfirmasi dari pengguna jasa perihal personil yang dipilih setelah diajukan dan dilakukan penyeleksian
Setelahv ada kepastian perihal personil yang dipilih, personil yang bersangkutan dipanggil untuk melengkapi administrasi penempatan antara lain:
i. Surat pernyataan masa training 3 bulan
ii. Surat pernyataan tanggung renteng
iii. Surat-surat pernyataan lainnya
iv. Pas photo 2 lembar untuk ID Card
v Setiap personil yang ditempatkan dibuatkan surat penempatan/ surat tugas dengan mencantumkan nama, alamat lengkap, lokasi dan tanggal penempatan
v Setiap personil dibekali dengan ID Card yang berlaku satu tahun terhitung mulai tanggal penempatan dengan kewajiban untuk memperbaharui setiap kali masa berlakunya habis.
Setiap personil dibekali danv diingatkan kembali ( briefing) perihal status karyawan, tugas dan tanggung jawab yang diemban serta diberitahu perihal hak dan kewajiban dari dan terhadap perusahaan ( materi briefing terlampir) .
d. Mutasi / Rolling
Bahwa karyawan javazindo cleaning service dimungkinkan untuk mendapatkan mutasi/ rolling dari lokasi satu ke lokasi lainnya baik dalam satu wilayah kerja Kantor Pusat / Cabang maupun antar Kantor Operasional.
Mutasi tersebut dapat dilaksanakan atas dasar:
1. Permintaan dari pemakai jasa, yaitu apabila mutasi tersebut disampaikan oleh pemakai jasa yang masih dalam satu perusahaan. Contoh: antar Bank Danamon Indonesia
2. Tugas dari perusahaan, dalam hal ini penugasan oleh perusahaan dikarenakan kekosongan personil maupun penugasan kepada karyawan yang ditarik dari lokasi baik karena putus kontrak maupun dikembalikan oleh pemakai jasa.
3. atas permintaan dari karyawan.
3. Penarikan Tenaga Kerja
Setiap tenaga kerja javazindo cleaning service yang berada dilokasi sewaktu-waktu dapat ditarik dari lokasi dikarenakan beberapa hal antara lain:
a. Karena Permasalahan
Apabila performance/ kinerja dariv tenaga kerja/ personil yang bersangkutan kurang atau tidak bisa memuaskan pengguna jasa, sehingga pihak pengguna jasa meminta yang bersangkutan diganti ( dikembalikan ke kantor)
Apabila tenaga kerja personil yangv bersangkutan telah berkali-kali melakukan kesalahan dan telah mendapatkan sanksi/ peringatan akan tetapi tidak menunjukkan perubahan sikap/ perbaikan
Apabila tenaga kerja/ personil yang bersangkutanv telah terbukti melakukan perbuatan yang dikategorikan kesalahan berat/ perbuatan melanggar hukum, contoh : pencurian, penggelapan, perbuatan asusila dll.
b. Karena Pengurangan
Apabila Pengguna jasa menilai kebutuhan akan tenaga kerja yang ada melebihi kebutuhan sehingga merasa perlu untuk ditinjau ulang ( dikurangi)
c. Karena Putus Kontrak
Apabila kontrak kerjasama perihal penggunaan jasa tidak diperpanjang lagi setelah habis masa berlakunya atau diputus sebelum habis masa berlakunya.

d. Penyelesaian
Apabila terjadi penarikan tenaga kerja karena pengurangan dan putus kontrak maka langkah-langkah yang diambil adalah:
Mencarikan lokasi lain yang membutuhkan/ kosong dan mendesak untuk dilakukan pengisian personilv
Berkoordinasi dengan pihak marketing untuk memperoleh informasi permintaan tenaga kerja dari lokasi baruv
v Apabila dari kedua upaya tersebut belum ada lokasi dan informasi berkaitan dengan penempatan tenaga kerja maka tenaga kerja terpaksa ditarik dan dirumahkan . Dengan catatan tenaga kerja tersebut akan dipanggil sewaktu-waktu untuk bekerja apabila ada permintaan dari lokasi.
Perlu disampaikan kepada tenaga kerja yang bersangkutanv bahwa gaji yang diterimanya terhenti terhitung mulai tanggal penarikan, hal ini dikarenakan yang bersangkutan sudah tidak aktif bekerja sehingga secara otomatis haknya juga berhenti.

4. Pembinaan Tenaga Kerja
a. Pembinaan rutin
Pembinaan dilakukan secara rutin sesuai dengan bidang tugas masing-masing( job description) dengan tujuan akhir adalah terciptannya SDM yang berkualitas yang bermuara pada pemuasan pelanggan
b. Karena permasalahan
Sering terjadi permasalahan – permasalahan dilokasiv
Menyangkut kinerja personil secara perorangan ataupun secara keseluruhan berdasarkan evaluasi oleh Pembinav
• Menyangkut kinerja personil secara perorangan pembinaan dilakukan dikantor pusat selama 1 minggu/ 2 minggu atau sesuai dengan kebutuhan
• Menyangkut kinerja personil secara keseluruhan, pembinaan dilakukan dengan melibatkan seluruh personil secara bersama-sama/ bergantian dikantor atau dilokasi kerja/ tempat yang ditentukan, adapun jangka waktunya dilakukan sesuai dengan kebutuhan.
c. Permintaan Pengguna Jasa/ Pembinaan Khusus
v Pembinaan dilakukan atas permintaan dilakukan atas permintaan pengguna jasa sebagai langkah penyegaran, pendisiplinan maupun sebagai ajang untuk bersosialisasi antara pengguna jasa dengan Pembina dan tenaga kerja secara keseluruhan
Pembinaan yang dilakukan didasarkan atasv adanya agenda-agenda khusus yang diadakan oleh kantor berkaitan untuk meningkatkan kualitas SDM, seperti latihan DIKSARPAM yang bekerjasama dengan Kepolisian
5. Permohonan Ijin/ Cuti
a. Hak Cuti
Setiap tenaga kerja berhak atas cuti setelah mempunyai masa kerja 1 tahun atau lebihv
Hak cuti dalam satu tahun kerja diberikan sebanyak 12 hari kerjav
v Untuk tenaga kerja non Securiti , hak cuti 12 hari dikurangi 3 hari, sehingga hak cuti yang masih dalam satu tahun adalah 9 hari kerja. Keterangan : 3 hari adalah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, dan hanya diberlakukan untuk lokasi yang memberlakukan cuti bersama pada saat Hari Raya Idul Fitri
Penggunaan cuti dari setiap tenaga kerja harusv dicatat dan dilakukan pengecekan saldo cuti yang dipunyai, sehingga pengambilan cuti tidak sampai melebihi dari hak yang diberikan

b. Tata Cara Pengajuan Ijin/ Cuti
Permohonan harus diajukan minimal satu ( 1) bulan sebelum tanggal yang dimintav
v Pengajuan bisa diajukan secara langsung maupun via fax, dan disarankan telah menyampaikan tanggal, maksud dan tujuan cutinya kepada pimpinan atau personalia lokasi
Pengambilan hak cuti maksimal 4 hari berturut-turut, atau 12 hariv berturut-turut untuk tujuan ke luar pulau
Pelaksanaan cuti bisa dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari personaliav
Cuti bisa disetujui setelah mendapatkan persetujuan dari personaliav
v Cuti bisa disetujui setelah mendapat pertimbangan dari personalia, antara lain perihal, tanggal, bulan dan tahun yang diminta jadwal jumlah pengajuan cuti lain yang sudah disetujui terlebih dahulu, serta ketersediaan tenaga cadangan yang ada, dll.
Cuti tidak boleh diajukan untuk keperluan pada bulan yang berurutanv
v Untuk keperluan ijin lain yang belum deprogram sesuai dengan ketentuan bisa disetujui setelah mendapat pertimbangan-pertimbangan khusus
Ijin tidak masuk kerja karena sakit harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.v

c. Cuti Khusus
Cuti khusus diberikan untuk keperluan-keperluan antara lain : ( sesuai dengan UU No. 13/ 2003 pasal 93 ( 4) )
Menikah, 3 hariv
Menikahkan anak, 2 hariv
Mengkhitankan anak, 2 hariv
Membaptiskan anak, 2v hari
Istri melahirkan/ keguguran kandungan, 2 hariv
Suami/ Istri, orang tua, mertua, anak, atau anak menantu meninggal dunia, 2 hariv
Anggota keluarga dalam satu rumah meninggal dunia 1 hariv
Untuk keperluan cuti melahirkan diberikan 1, 5 bulan sebelum melahirkan dan 1, 5 setelah melahirkan dan dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter kandungan serta surat keterangan kelahiran.
Keterangan : untuk keperluan cuti khusus tersebut tidak dipotong gaji/ cuti.
Bahwa dalam hal pekerja tidak masuk kerja tanpa keterangan yang sah selama 5 hari berturut-turut dan telah mendapatkan surat panggilan secara sah sebanyak 2 ( dua) kali berturut-turut serta tidak mampu membuktikan alasan yang sah pula, maka yang bersangkutan dinyatakan telah mengundurkan diri secara sepihak.

d. Sanksi Atas Pelanggaran Ijin/ Cuti
Setiap pelanggaran atas pelaksanaan ijin/ cuti akan dikenai sanksi berupa pemberian surat teguran/ peringatan, pemotongan gaji ataupun penarikan dari lokasi.
Catatan : untuk keperluan cuti tersebut setiap pemohon wajib mengklarifikasi permohonan cutinya kepada personalia baik secara langsung maupun per-telepon ( tata tertib cuti terlampir)

6. Penggajian/ pengupahan
a. Sistem penggajian/ pengupahan
Gaji diberikan ke masing-masing tenaga kerja sesuai dengan tanggal penggajian masing-masing lokasi. Adapun sistem penggajian dilakukan dengan cara:
Transferv
Yaitu pemberian gaji yang dilakukan dengan cara mentransfer gaji ke nomor rekening masing-masing sesuai dengan nomor yang telah disampaikan kepada personalia bagian penggajian/ kasir
Tunaiv
Yaitu pemberian gaji secara tunai kepada yang bersangkutan, ataupun orang yang ditunjuk sesuai dengan surat kuasa. Pemberian gaji diberikan diatas tanggal 15 setiap bulannya.
Untuk memudahkan penggajian/ pengupahan disarankan untuk segera membuat rekening di Bank sesuai dengan yang direkomendasikan oleh perusahaan.
b. Tata Cara Penghitungan Gaji Per-hari
Penghitungan upah per-hari diperlukan untuk menggaji karyawan yang gajinya tidak penuh satu bulan untuk melakukan pemotongan gaji bagi karyawan yang dikenai sanksi berupa pemotongan gaji.

Rumus : Upah perhari = Gp/ 30

Keterangan :
GP : Gaji Pokok
30 : Jumlah hari dalam satu bulan
Contoh :
A dikenai sanksi berupa pemotongan gaji sebanyak 2 hari kerja dengan gaji pokok Rp.930.000, -v
Penghitungan
X = 2/ 30 x930.000
= Rp. 62.000, -
Maka Jumlah potongan gaji A adalah Rp.62.000
A kerja dilokasi terhitung mulai tanggal 12 Juni 2009, gaji pokok A Rp.930.000 maka gaji A untuk bulan Juni adalah: v
X = 30 – 12/ 30 x Rp. 930.000
= 0, 6 x Rp.930.000
= Rp.558.000
maka gaji A bulan Juni adalah Rp.558.000, -

7. Penggantian Tenaga Kerja Karena Ijin/ Cuti atau Berhalangan Masuk
a. Penyiapan Tenaga Kerja Pengganti
v Tenaga kerja pengganti disiapkan untuk menggantikan tenaga kerja yang berhalangan masuk dikarenakan ijin/ cuti, sakit, alpa atau keperluan lain yang telah mendapatkan persetujuan dari personalia
Untuk menyiapkan tenaga pengganti personalia berkoordinasi dengan rekrutmen dan operasionalv
b. Uang Transport/ uang PKL
Uang transport diberikan kepada tenaga kerja pengganti sesuai dengan laporan PKLv
Uang transport untuk dalam kota sebesar Rp.10.000.v
Uang tujuan luar kota diberikan sesuai dengan biaya transport kota tujuan ditambah dengan uang penginapanv

8. Penanganan Permasalahan
a. Inventarisasi Permasalahan
v Setiap informasi permasalahan yang ada diinventarisasi/ dicatat dalam buku permasalahan dengan mencantumkan permasalahan yang ada, sumber informasi, tanggal kejadian, pelaku serta akibat yang ditimbulkan.
v Permasalahan-permasalahan tersebut bisa bersifat tindakan indisipliner dari tenaga kerja, performance tenaga kerja ataupun permasalahan yang menyangkut ketertiban umum atau bersifat merugikan pengguna jasa seperti masalah pencurian, penggelapan dll.
b. Klarifikasi
Setelah permasalahan-permasalahan yang telah diinventarisasi diklarifikasi kepada masing-masing pihak antara lain kepada sumber informasi/ narasumber, pembina, pelaku dan saksi-saksi jika ada, baik secara langsung maupun via telepon.
c. Solusi Penyelesaian
Setelah permasalahan diklarifikasi kepada masing-masing pihak dan telah dapat disimpulkan tentang sebab-akibat permasalahan serta tentang siapa yang harus bertanggung jawab maka selanjutnya kita berikan solusi penyelesaiannya.
d. Sanksi-sanksi
Sanksi diberikan sesuai dengan tingkat kesalahan/ pelanggaran yang telah dilakukan dan telah mendapatkan klarifikasi serta pengakuan dari masing-masing pihak yang terkait, terutama dari pelaku. Adapun sanksi-sanksi yang bisa diberikan antara lain : ( tata cara pemberian surat peringatan terlampir)
• Surat teguran
• Surat peringatan
• Pemotongan gaji
• Penarikan dari lokasi

9. Status Hubungan Kerja
a. Tetap
Bagi karyawan yang pengangkatannya langsung oleh keputusan Dereksi berupa SK Dereksi maka akan menjadi karyawan tetap secara otomatis setelah lepas masa percobaan 3 bulan.
b. Karyawan Kontrak
Kriterianya adalah karyawan yang tanggal penempatannya per tanggal ditempatkan ( sekarang) , yaitu dengan mengisi Surat Kontrak Karyawan Waktu Tertentu atau SK3 WT. Adapun dilaksanakan SK3WT didasarkan pada Rumusan Tata Cara Pelaksanaan Tentang Surat Kontrak Kerja Karyawan Waktu Tertentu Nomor : 001/ SK-jvzV/ 11
~ Tata Cara Pemanggilan
Bahwa tenaga kerja dipanggil manghadap ke kantor untuk mengisi SK3WT setelah memenuhi kriteria :
1) Adalah tenaga kerja yang ada dilokasi baru
2) Tenaga kerja yang sudah menandatangani surat pernyataan masa training 3 bulan
Jadi setiap tenaga kerja yang memenuhi kedua kriteria tersebut maka akan dilanjutkan dengan pengikatan kontrak selama 1 tahun, dengan catatan selama 3 bulan dilokasi tidak ada permasalahan-permasalahan/ komplain menyangkut kinerja yang bersangkutan sehingga dikembalikan ke kantor.
~ Tata Cara Pengisian SK3WT
SK3WT diisikan sesuai dengan data yang diminta, antara lain:
Tanda Tangan Kontrak Kedua
1) Hari, tanggal, bulan dan tahun penempatan
2) Nama Personalia, dalam hal ini nama personalia yang diminta adalah personalia kantor pusat
3) Nama/ identitas tenaga kerja
4) Jabatan dan lokasi kerja
5) Status kontrak dan masa kontrak, yaitu kontrak 1 tahun, terhitung mulai tanggal penempatan sampai dengan satu tahun kemudian
6) Tanggal surat ( sesuai dengan tanggal penempatan)
7) Tanda tangan pekerja calan personalia

Khusus untuk pengisian SK3WT yang dilaksanakan oleh Kantor Cabang, Kepala Operasional Cabang atau yang mewakili tanda tangan sebagai saksi ( contoh terlampir)

Bahwa sesuai dengan Rumusan Tata Cara Pelaksanaan Tentang Surat Kontrak Kerja Karyawan Waktu Tertentu diatas, SK3WT yang pertama dapat diperpanjang untuk masa kontrak ke-2 dengan didasarkan pada:
1) Bahwa perjanjian kerjasama kontrak antara javazindo cleaning service
1) dengan lokasi / pengguna jasa diperpanjang untuk bulan 1 tahun berikutnya
2) Bahwa yang bersangkutan bersedia untuk melanjutkan kontrak kerja untuk periode kedua.
Tanda tangan kotrak pertama
1) Hari, tanggal dan bulan penempatan, sedangkan tahun adalah untuk tahun pada saat pengisian kontrak kedua
2) Nama personalia
3) Nama/ identitas tenaga kerja
4) Jabatan dan lokasi kerja
5) Status kontrak 1 tahun kedua dan masa kontrak terhitung muali tanggal sesuai dengan no. 1 s/ d tahun kemudian
6) Tanggal surat yaitu tanggal sesuai dengan no.17

Tanda tangan pekerja dan personalia

Masih menunjuk pada Rumusan Tata Cara Pelaksanaan Tentang Surat Kontrak Kerja Karyawan Waktu Tertentu diatas, setelah penandatanganan kontrak SK3WT dua kali berturut, maka:
1) Tenaga kerja harus istirahat selama 15 hari, dan posisi yang bersangkutan digantikan oleh tenaga pengganti
2) Tenaga kerja tersebut apabila masih bersedia bekerja di perusahaan, maka yang bersangkutan harus mengajukan surat lamaran kembali, dan tetap harus melalui prosedur seleksi dari awal
3) Dalam hal penempatan kembali yang bersangkutan masih dimungkinkan untuk ditempatkan dilokasi semula dengan catatan tenaga kerja dimaksud masih dikehendaki/ diminta oleh pihak pengguna jasa ( dengan permohonan tertulis)
4) Bahwa meski harus mengajukan surat lamaran baru dan harus melalui proses dari awal, si tenaga kerja tetap diberi prioritas untuk mendapatkan pengajuan/ penempatan dilokasi dibandingkan dengan sekuriti yang belum pernah mendapatkan penempatan

c. Administrasi SK3WT
Bahwa Administrasi SK3WT dilakukan secara terpisah yaitu untuk SK3WT pertama dengan SK3WT yang kedua. Dan setiap waktu-waktu harus di-cek terutama berkaitan dengan masa kontrak. ( contoh format terlampir) . Untuk administrasi SK3WT cabang yang dikirim ke Pusat dibuatkan administrasi secara terpisah.

10. Undur Diri Dan Pinjam Ijazah
a. Prosedur Undur Diri
Bahwa setiap pekerja berhak untuk mengundurkan diri dari perusahaan dengan cara mengajukan surat pernyataan pengunduran diri secara tertulis yang disampaikan kepada Personalia satu ( 1) minggu sebelum tanggal pengunduran diri.

b. Prosedur Pinjam Ijazah
Bahwa setiap tenaga kerja diperbolehkan meminjam ijazah yang telah disimpan/ dititipkan untuk beberapa waktu dengan cara mengajukan permohonan/ pernyataan pinjam ijazah yang ditulis dan ditandatangani diatas materai Rp.6000, - ( maksimal 1 minggu) . Apabila dalam waktu tertentu yang telah ditentukan ijazah tersebut tidak dikembalikan maka yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri dari perusahaan.

11. Administrasi/ Pengarsipan
a. Buku Tenaga Kerja
Buku tenaga kerja dibuat berdasarkan kondisi riil ( sesungguhnya) tenaga kerja dilokasi. Buku tenaga kerja mencantumkan nama, jabatan, lokasi serta tanggal masuk ( TMT) . Manfaat buku tenaga kerja antara lain :
1) Evaluasi tagihan
2) Evaluasi pembinaan Tenaga Kerja
b. Surat Menyurat
Pengarsipan surat menyurat dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengecekan data-data yang sudah dibuat-dikeluarkan serta data-data yang masuk baik dari pengguna jasa, kantor-kantor cabang javazindo cleaning service maupun surat masuk lainnya.
c. Lain-lain
Pengarsipan surat-surat lainnya dengan memperhatikan jenis surat dan permasalahannya. Antara lain seperti surat-surat pernyataan kesalahan, tanggung renteng dll.

PERMOHONAN IJIN TIDAK MASUK/ CUTI

Permohonan Ijin Tidak Masuk/ Cuti
a. Hak Cuti
• Setiap tenaga kerja berhak atas cuti setelah mempunyai masa kerja 1 tahun atau lebih
• Hak cuti dalam satu tahun kerja diberikan sebanyak 12 hari kerja
• Untuk tenaga kerja non Security, hak cuti yang 12 hari kerja dikurangi 3 hari, sehingga hak cuti yang masih dalam satu tahun adalah 9 hari kerja
Keterangan : 3 hari adalah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, dan hanya diberlakukan untuk lokasi yang memberlakukan cuti bersama pada saat Hari Raya Idul Fitri
• Penggunaan cuti dari setiap tenaga kerja harus dicatat dan dilakukan pengecekan saldo cuti yang dipunyai, sehingga pengambilan cuti tidak sampai melebihi dari hak yang diberikan.
b. Tata Cara Pengajuan Ijin/ Cuti
• Permohonan harus diajukan minimal satu ( 1) bulan sebelum tanggal yang diminta
• Pengajuan bisa diajukan secara langsung maupun via fax dan disarankan telah menyampaikan tanggal, maksud dan tujuan cutinya kepada pimpinan atau personalia lokasi
• Pengambilan hak cuti maksimal 4 hari berturut-turut atau 12 hari berturut-turut untuk tujuan keluar pulau.
• Pelaksanaan cuti bisa dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari personalia
• Cuti bisa disetujui setelah mendapatkan pertimbangan dari personalia, antara lain perhal tanggal, bulan dan tahun yang diminta, jadwal jumlah pengajuan cuti lain yang sudah disetujui terlebih dahulu, serta ketersediaan tenaga cadangan yang ada, dll
• Cuti tidak boleh diajukan untuk keperluan pada bulan yang berurutan
• Untuk keperluan ijin lain yang belum deprogram sesuai dengan ketentuan bisa disetujui setelah mendapat pertimbangan-pertimbangan khusus
• Ijin tidak masuk kerja karena sakit harus dibuktikan dengan
c. Cuti Khusus
Cuti khusus diberikan untuk keperluan-keperluan antara lain : ( sesuai dengan UU No. 13/ 2003 pasal 93 ( 4) )
Menikah, 3 hariv
Menikahkan anak, 2 hariv
Mengkhitankan anak, 2 hariv
Membaptiskan anak, 2v hari
Istri melahirkan/ keguguran kandungan, 2 hariv
Suami/ Istri, orang tua, mertua, anak, atau anak menantu meninggal dunia, 2 hariv
Anggota keluarga dalam satu rumah meninggal dunia 1 hariv
Untuk keperluan cuti melahirkan diberikan 1, 5 bulan sebelum melahirkan dan 1, 5 setelah melahirkan dan dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter kandungan serta surat keterangan kelahiran.
Keterangan : untuk keperluan cuti khusus tersebut tidak dipotong gaji/ cuti.
Bahwa dalam hal pekerja tidak masuk kerja tanpa keterangan yang sah selama 5 hari berturut-turut dan telah mendapatkan surat panggilan secara sah sebanyak 2 ( dua) kali berturut-turut serta tidak mampu membuktikan alasan yang sah pula, maka yang bersangkutan dinyatakan telah mengundurkan diri secara sepihak.
d. Sanksi Atas Pelanggaran Ijin/ Cuti
Setiap pelanggaran atas pelaksanaan ijin/ cuti akan dikenai sanksi berupa pemberian surat teguran/ peringatan, pemotongan gaji ataupun penarikan dari lokasi.
Catatan : untuk keperluan cuti tersebut setiap pemohon wajib mengklarifikasi permohonan cutinya kepada personalia baik secara langsung maupun per-telepon ( tata tertib cuti terlampir)

PENEMPATAN & PENARIKAN TENAGA KERJA

Penempatan Tenaga Kerja
a. Permintaan Tenaga Kerja
v Setiap permintaan tenaga kerja baik berupa permintaan tambahan maupun permintaan dari pengguna jasa baru harus didasarkan pada permintaan yang disampaikan secara resmi/ tertulis.
Permintaan bisa disampaikan secara langsung ke kantor javazindo cleaning service, melalui jasa kurir atau via fax.v
Permintaan ditujukan kepada javazindo cleaning service Up. Personalia.v
b. Pengajuan Tenaga Kerja
Pengajuan tenaga kerja dilakukan segera setelah ada bukti permintaan secara tertulis perihal permintaan tenaga kerja.v
v Dalam hal pengajuan tenaga kerja kepada pengguna jasa, personalia terlebih dahulu berkoordinasi dengan divisi recruitment & Pusdik untuk menyiapkan personil yang telah memenuhi kualifikasi untuk diajukan kepada pengguna jasa
Setiap personil yang akan diajukan harus menyediakan berka-berkas sebagai pengantar dan bahan pertimbangan bagi pengguna jasa.v
v Sebelum menghadap kepada pengguna jasa, setiap personil dibekali/ di” briefing” agar lebih siap dan mantap serta mampu menunjukkan kualitas masing-masing saat menghadap kepada pengguna jasa sehingga mampu memuaskan pengguna jasa.

c. Penempatan
Penempatanv dilakukan setelah ada konfirmasi dari pengguna jasa perihal personil yang dipilih setelah diajukan dan dilakukan penyeleksian
Setelahv ada kepastian perihal personil yang dipilih, personil yang bersangkutan dipanggil untuk melengkapi administrasi penempatan antara lain:
v. Surat pernyataan masa training 3 bulan
vi. Surat pernyataan tanggung renteng
vii. Surat-surat pernyataan lainnya
viii. Pas photo 2 lembar untuk ID Card
v Setiap personil yang ditempatkan dibuatkan surat penempatan/ surat tugas dengan mencantumkan nama, alamat lengkap, lokasi dan tanggal penempatan
v Setiap personil dibekali dengan ID Card yang berlaku satu tahun terhitung mulai tanggal penempatan dengan kewajiban untuk memperbaharui setiap kali masa berlakunya habis.
Setiap personil dibekali danv diingatkan kembali ( briefing) perihal status karyawan, tugas dan tanggung jawab yang diemban serta diberitahu perihal status karyawan, tugas dan tanggung jawab yang diemban serta diberitahu perihal hak dan kewajiban dari dan terhadap perusahaan ( materi briefing terlampir) .
d. Mutasi / Rolling
Bahwa karyawan javazindo cleaning service dimungkinkan untuk mendapatkan mutasi/ rolling dari lokasi satu ke lokasi lainnya baik dalam satu wilayah kerja Kantor Pusat / Cabang maupun antar Kantor Operasional.
Mutasi tersebut dapat dilaksanakan atas dasar:
1) Permintaan dari pemakai jasa, yaitu apabila mutasi tersebut disampaikan oleh pemakai jasa yang masih dalam satu perusahaan. Contoh: antar Bank Danamon Indonesia
2) Tugas dari perusahaan, dalam hal ini penugasan oleh perusahaan dikarenakan kekosongan personil maupun penugasan kepada karyawan yang ditarik dari lokasi baik karena putus kontrak maupun dikembalikan oleh pemakai jasa.
3) atas permuntaan dari karyawan.
e. Penarikan Tenaga Kerja
Setiap tenaga kerja javazindo cleaning service yang berada dilokasi sewaktu-waktu dapat ditarik dari lokasi dikarenakan beberapa hal antara lain:
a. Karena Permasalahan
Apabila performance/ kinerja dariv tenaga kerja/ personil yang bersangkutan kurang atau tidak bisa memuaskan pengguna jasa, sehingga pihak pengguna jasa meminta yang bersangkutan diganti ( dikembalikan ke kantor)
Apabila tenaga kerja personil yangv bersangkutan telah berkali-kali melakukan kesalahan dan telah mendapatkan sanksi/ peringatan akan tetapi tidak menunjukkan perubahan sikap/ perbaikan
Apabila tenaga kerja/ personil yang bersangkutanv telah terbukti melakukan perbuatan yang dikategorikan kesalahan berat/ perbuatan melanggar hokum, contoh : pencurian, penggelapan, perbuatan asusila dll.
b. Karena Pengurangan
Apabila Pengguna jasa menilai kebutuhan akan tenaga kerja yang ada melebihi kebutuhan sehingga merasa perlu untuk ditinjau ulang ( dikurangi)
c. Karena Putus Kontrak
Apabila kontrak kerjasama perihal penggunaan jasa tidak diperpanjang lagi setelah habis masa berlakunya atau diputus sebelum habis masa berlakunya.
d. Penyelesaian
Apabila terjadi penarikan tenaga kerja karena pengurangan dan putus kontrak maka langkah-langkah yang diambil adalah:
Mencarikan lokasi lain yang membutuhkan/ kosong dan mendesak untuk dilakukan pengisian personilv
Berkoordinasi dengan pihak marketing untuk memperoleh informasi permintaan tenaga kerja dari lokasi baruv
v Apabila dari kedua upaya tersebut belum ada lokasi dan informasi berkaitan dengan penempatan tenaga kerja maka tenaga kerja harus membuat surat pengunduran diri secara tertulis diatas materai Rp. 6000, - dengan mencantumkan nama, alamat lengkap dan jabatan serta tanggal pengunduran dirinya. Dengan catatan tenaga kerja tersebut akan dipanggil sewaktu-waktu untuk bekerja apabila ada permintaan dari lokasi.
v Perlu disampaikan kepada tenaga kerja yang bersangkutan bahwa gaji yang diterimanya terhenti terhitung mulai tanggal penarikan, hal ini dikarenakan yang bersangkutan sudah tidak aktif bekerja sehingga secara otomatis haknya juga berhenti.
Apabila tenaga kerja ditugaskan / v mutasi di kantor cabang sebagai staff kantor maupun ditempatkan di proyek kerja ( lokasi) maka kepada tenaga kerja diberikan antara lain :
1) Hak gaji sama, apabila UMK ditempat baru lebih rendah, tetapi apabila UMK ditempat baru lebih tinggi akan disesuaikan dengan UMK lokasi
2) Uang transport ( cash/ tiket) , uang makan, dan uang saku untuk keperluan ke tempat tujuan ( dengan tanda terima(
3) Uang tempat tinggal
4) Bagi yang sudah berkeluarga, setelah 3 bulan di lokasi baru diperkenankan membawa serta anggota keluarganya dengan biaya hidup ditanggung oleh perusahaan selama 1 tahun

TATA TERTIB
PERMOHONAN CUTI

Demi terselenggaranya sistem kerja yang baik dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan terhadap pengguna jasa dan tenaga kerja khususnya masalah pengaturan cuti tenaga kerja dan tenaga kerja pengganti maka perlu disusun tata tertib permohonan cuti sebagai berikut :
2) Cuti diberikan kepada tenaga kerja yang sidah bekerja lebih dari 1 ( satu) tahun atau lebih sebanyak 12 hari/ tahun ( Os.79 ( 2) butir c UU No. 12/ 2003)
3) Permohonan cuti diajukan 1 ( satu) bulan sebelum tanggal yang diterima
4) Cuti diajukan maksimal 4 ( empat) hari berturut-turut dan untuk tujuan luar pulau bisa mengajukan 12 ( dua belas) hari berturut-turut dengan memperhatikan sisa cuti yang ada
5) Cuti khusus diberikan antara lain untuk keperluan : ( Ps. 93 ( 4) UU No. 13/ 2003)
a. Menikah, 3 hari
b. Menikahkan anak, 2 hari
c. Mengkhitankan anak, 2 hari
d. Membaptiskan anak, 2 hari
e. Istri melahirkan/ keguguran kandungan, 2 hari
f. Suami/ Istri, orang tua, mertua, anak, atau anak menantu meninggal dunia, 2 hari
g. Anggota keluarga dalam satu rumah meninggal dunia 1 hari
Keterangan : cuti khusus tidak boleh dihabungkan dengan cuti tahunan
6) Cuti melahirkan / hamil diberikan 1, 5 bulan sebelum saat melahirkan dan 1, 5 bulan sesudah saat melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan / bidan dan untuk cuti keguguran diberikan 1, 5 bulan sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan/ bidan
7) Tenaga kerja tidak diperbolehkan cuti satu minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri dan satu minggu sesudah Hari Raya Idul Fitri
8) Izin sakit tidak dipotong dari cuti tahunan dengan catatan ada surat keterangan dokter
9) Izin cuti tidak diberikan untuk pengajuan cuti dari tenaga-tenaga kerja yang berasal dari satu lokasi secara bersamaan
10) Izin diberikan dengan memperhatikan kondisi dan ketersediaan tenaga kerja pengganti di javazindo
11) Pemohon wajib mengklarifikasi permohonan cutinya ke javazindo1 Minggu setelah permohonan cuti diajukan baik per telepon/ datang langsung ke kantor javazindo
12) Pelanggaran atas pelaksanaan cuti yang diberikan akan dikenakan sanksi berupa pemotongan gaji ataupun penarikan dari lokasi

13) Cttn : Surat Keterangan Dokter harus dari Klinik yang ada kerja sama dengan javazindo

Demikian Tata Tertib Permohonan Cuti ini dibuat harap untuk diperhatikan

Bekasi , 01 Januari 2011
javazindo

Antonius
Direktur

Hak cuti keluar diberikan per Tanggal penempatan setelah masa kerja satu tahun. Untuk tenaga kerja non hak cuti tahunan dikurangi oleh cuti bersama Hari Raya sebanyak 3 hari sehingga hak cuti tahunan yang diberikan adalah 9 hari
Diposkan oleh javazindo cleaning service

Kami siap mengerjakan cleaning service di
Cleaning service di
Kami siap membantu mendistribusikan alat Cleaning Service ke Kota-kota besar di Indonesia seperti :

Cleaning service di Propinsi DKI Jakarta
- Cleaning service di Jakarta Selatan
- Cleaning service di Jakarta Timur
- Cleaning service di Jakarta Pusat
- Cleaning service di Jakarta Barat
- Cleaning service di Jakarta Utara
- Cleaning service di Kep. Seribu

Cleaning service di Propinsi Banten
- Cleaning service di Kab. Serang
- Cleaning service di Kab. Pandeglang
- Cleaning service di Kab. Lebak
- Cleaning service di Kab. Tangerang
- Cleaning service di Kota Tangerang
- Cleaning service di Kota Cilegon
- Cleaning service di Kota Serang

Propinsi Jawa Barat
- Cleaning service di Kab. Bogor
- Cleaning service di Kab. Sukabumi
- Cleaning service di Kab. Cianjur
- Cleaning service di Kab. Bandung
- Cleaning service di Kab. Garut
- Cleaning service di Kab. Tasikmalaya
- Cleaning service di Kab. Ciamis
- Cleaning service di Kab. Kuningan
- Cleaning service di Kab. Cirebon
- Cleaning service di Kab. Majalengka
- Cleaning service di Kab. Sumedang
- Cleaning service di Kab. Indramayu
- Cleaning service di Kab. Subang
- Cleaning service di Kab. Purwakarta
- Cleaning service di Kab. Karawang
- Cleaning service di Kab. Bekasi
- Cleaning service di Kota Bogor
- Cleaning service di Kota Sukabumi
- Cleaning service di Kota Bandung
- Cleaning service di Kota Cirebon
- Cleaning service di Kota Bekasi
- Cleaning service di Kota Depok
- Cleaning service di Kota Cimahi
- Cleaning service di Kota Tasik Malaya
- Cleaning service di Kota Banjar
- Cleaning service di Kab. Bandung Barat

Meliputi cleaning service di mall, cleaning service di pabrik, cleaning service di apartemant, cleaning service di villa, cleaning service di hotel, cleaning service rumah.
Percayakan tempat anda pada kami javazindo cleaning service.
Membuat situs langsung jadi? Silahkan kunjungi indonetwork.co.id