Selamat Datang di
Aster_ Indonesia

Anggota Gratis
Aster_ Indonesia
Indonesia
Share
Selamat Datang di
Aster_ Indonesia

http://indonetwork.co.id/aster_indonesia


ASTER_INDONESIA
( Penyedia Data Geospatial) - Pembelian Citra Aster dan Citra Alos melalui web
Selamat datang di Aster-Indonesia, web ini melayani pembelian atau pengadaan Produk Data Geospatial ( Citra Satelit) yaitu Citra Aster ( Aster Image) dari Satelit TERRA - Japan di seluruh wilayah Republik Indonesia dan sekitarnya, yaitu untuk keperluan : Departemen/ Lembaga Pemerintahan baik Instansi Sipil atau TNI & Polri, PEMDA, BUMN, Perusahaan Swasta, Konsultan, Yayasan, Organisasi Independent, Organisasi Pemerhati Lingkungan Hidup, Universitas/ Perguruan Tinggi atau perorangan , dll.
Pendahuluan
Bahwa perkembangan teknologi penginderaan jarak jauh ( RS-GIS) telah memasuki babak baru dengan diluncurkannya satellite Terra pada tahun 1999 dan pemanfaatannya telah dilakukan distribusi data untuk keperluan publik pada tahun 2000. Perkembangan demi perkembangan dan manfaat yang diperoleh ternyata hasil yang didapatkan dengan pemanfaatan Citra ASTER ini sangat mengagumkan oleh para pengguna. Sampai saat ini kebutuhan citra ASTER khususnya di Indonesia dari waktu ke waktu semakin banyak dan menyadari bahwa Citra ASTER telah membantu banyak dalam pekerjaannya.
ASTER adalah sensor dari Satelite TERRA dihasilkan oleh proyek kerja sama JAPAN-USA, dalam memecahkan persoalan yang menyangkut Sumber Daya Alam ( SDA) dan Lingkungan. Projec ini didukung sepenuhnya oleh para ilmuwan JAPAN-USA dari beragam keilmuan diantaranya : geologi, meteorology, pertanian, kehutanan, studi lingkungan, gunung berapi, dll.
Misi
Proyek ASTER dibawah payung Earth Observing System ( EOS) bertujuan untuk melakukan observasi permukaan bumi dalam rangka monitoring lingkungan hidup secara global dan penginderaan sumber daya alam. Sensor ASTER yang dikembangkan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri ( METI) Jepang, merupakan salah satu sensor yang terpasang dalam satelit Terra yang diluncurkan pada 18 Desember 1999. Ground resolution ASTER adalah lebih tinggi dibandingkan dengan LANDSAT- TM, demikian juga untuk spectral resolution yang tinggi dengan 5 thermal-infrared band dan 6 short wave-infrared bands, serta kualitas fungsi stereoscopic yang lebih tinggi dibandingkan satelit sebelumnya, JERS-1.
Spesifikasi sensor
Sensor Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer - ASTER merupakan peningkatan dari sensor yang dipasang pada satelit generasi sebelumnya, JERS-1. Sensor ini terdiri dari Visible and Near-In-frared Radiometer ( VNIR) , Short Wavelength Infrared Radiometer ( SWIR) , Thermal Infrared Radiometer ( TIR) , Intersected Signal Processing Unit dan Master Power Unit.
VNIR merupakan high performance dan high resolution optical instrument yang digunakan untuk mendeteksi pantulan cahaya dari permukaan bumi dengan range dari level visible hingga infrared ( 520 - 860 mikrometer) dengan 3 bands. Dimana band nomor 3 dari VNIR ini merupakan nadir dan backward looking data, sehingga kombinasi data ini dapat digunakan untuk mendapatkan citra stereoscopic. Digital Elevation model ( DEM) dapat diperoleh dengan mengaplikasikan data ini, sehingga data ini tidak hanya untuk peta topografik saja, tetapi bisa juga digunakan sebagai citra stereo.
SWIR merupakan high resolution optical instrument dengan 6 bands yang digunakan untuk mendeteksi pantulan cahaya dari permukaan bumi dengan short wavelength infrared range ( 1.6 - 2.43 mikrometer) . Penggunaan radiometer ini memungkinkan menerapkan ASTER untuk identifikasi jenis batu dan mineral, serta untuk monitoring bencana alam seperti monitoring gunung berapi yang masih aktif.
TIR adalah high accuracy instrument untuk observasi thermal infrared radi-ation ( 800 - 1200 mikrometer) dari permukaan bumi dengan menggunakan 5 bands. Band ini dapat digunakan untuk monitoring jenis tanah dan batuan di permukaan bumi. Multi-band thermal infrared sensor dalam satelit ini adalah pertama kali di dunia. Ukuran citra adalah 60 km dengan ground resolution 90m.
Penerapan dan manfaat adalah
’ Photogeological analysis
’ Spectral analysis
’ Synthetic interpretation
’ Generasi basemap untuk pertambangan dan eksplorasi daerah pesisir
’ Global warming
’ Monitoring area hidrologi
’ Investigasi sumber daya alam
’ Klasifikasi tumbuhan
’ Monitoring bencana alam
Karakteristik Utama dari Sensor ASTER ini adalah
’ Observasi pada 3 VNIR, 6 SWIR, 5 TIR bands atau bekerja dengan 14
bands atau dapat merekam data citra permukaan bumi dari panjang
gelombang daerah visible ( sinar tampak) ke daerah thermal infrared.
’ Stereoscopic data dapat diperoleh dengan single orbit.
’ Space resolutions: 15m untuk VNIR, 30m untuk SWIR, dan 90m untuk TIR.
’ Vertical pointing function: + - 24 derajat untuk VNIR, + - 8.55 derajat untuk SWIR,
+ - 8.55 derajat untuk TIR.
’ Sensor optic dengan resolusi geometric dan radiometric yang tinggi pada semua frekuensi chanal.
Sehingga karakteristik ini dapat memenuhi kebutuhan para pengguna/ user data dalam bidang lingkungan dan sumberdaya alam ( SDA) .
Produk standar
’ Level 1 ( 1A dan 1B) , Level 2A02, Level 2A03V, Level 2A03S, Level 2B01V, Level 2B01S, Level 2B01T, Level 2B03, Level 2B04, Level 2B05V dan Level 2B05S
Produk semi standar
’ Level 3A01 dan Level 4A01 ( Digital Terrain Model - DTM)
Produk dan Harga
Cakupan ( coverage) Satelit Terra / ASTER sensor dapat mengambil gambar seluruh permukaan bumi, termasuk kawasan Indonesia. Untuk harga silahkan hubungi kami.
Media Pengiriman / Pembelian
’ CD atau DVD : waktu pengolahan data hingga sampai di user kurang lebih 10 hingga 20 hari ( pulau Jawa)
’ FTP ( download) : waktu pengolahan data dan setting ftp site kurang lebih 3 hari. Perhatian : kecepatan transfer data internet ditanggung oleh user.

Informasi detail : Penerapan, teknikal, mozaik, dll.
Dapat dilihat pada http: / / www.aster-indonesia.com
Kontak Person : “ ASTER INDONESIA”
Untuk mendapatkan Citra Aster ini, kami dapat membantu dalam penyediaan / pengadaannya di seluruh wilayah Republik Indonesia.
Ir. Frans. Dwikoco. SS, MM
Official and Main Agent of Indonesia Area
From Indomicrowave Corporation-Japan under PPF-RSCS & ERSDAC - Japan
º HP-SMS / Phone : 0816.4826817
º Alamat Surat : Jl. Jatayu Baru E-2 Halim Perdana Kusuma Makassar Jakarta 13610
º Email : terra_aster_indonesia@ yahoo.co.id, sales@ aster-indonesia.com

Anda bisa mengklik "Info Perusahaan", "Penawaran Dagang" dan "Hubungi Kami" untuk melihat isi dan informasi lain dari situs Aster_ Indonesia.


Membuat situs langsung jadi?
Silahkan Klik disini!