Selamat Datang di
CV. VICCA

Anggota Gratis
CV. VICCA
CV. VICCA
Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid / Sistem Hybrid

Harga:Call
Jumlah Pesanan: Tambah ke Keranjang
Kemas & Pengiriman:Kayu
Negara Asal:Indonesia
Keterangan:Pembangkit Listrik System Hybrid

Penggunaan:

Listrik pedesaan ( Isolated Grid atau Interconnected Isolated genset) .
Pabrik, perkantoran, perumahan yang tidak mendapat suplai listrik jaringan ( PLN) .
Gedung-gedung perkantoran.

Manfaat:

Mengoptimalkan penggunaan system pembangkit listrik.
Meningkatkan efisiensi ekonomi pembangkit.
Meningkatkan reliability ( keandalan) pembangkit.
Meningkatkan waktu layanan listrik secara ekonomis.
Meningkatkan layanan kepada masyarakat dari pada system PLTS rumah per rumah

Sistem Hybrid adalah system pembangkit listrik yang terdiri dari 2 atau lebih system pembangkit dengan sumber energy berbeda. Misalnya Listrik Tenaga Surya ( Photovoltaic, -PV) dipadu dengan genset, maka disebut Hybrid PV-Genset. System Hybrid yang pernah diterapkan di Indonesia adalah: Hybrid PV-Genset, Hybrid PV-Mikrohydro, Hybrid PV-Bayu ( angin) , dan bahkan Hybrid PV-Bayu-Genset.

Dilihat dari cara pendistribusian listrik nya, system hybrid adalah system centralized, yakni pembangkit berada disuatu lokasi, dan listrik yang dihasilkan didistribusikan melalui jaringan distribusi ke rumah-rumah konsumen. Istilah hybrid sering juga digunakan untuk system Grid Connected PV ( yakni menggabungkan/ " mencantolkan " Pembangkit Listrik Tenaga Surya ke jaringan PLN) . System hybrid yang penempatan PLTS nya diselaraskan dengan arsitektur bangunan ( tidak sekadar ditempelkan) disebut BIPV ( Building Integration PV) . System seperti ini belum pernah ada di Indonesia.

System hybrid PLTS tidak hanya diterapkan di listrik pedesaan tetapi juga banyak diterapkan di perkotaan.

Alasan teknis dimanfaatkannya system hybrid adalah sebagai berikut:

Saling melengkapi keunggulan dan kelemahan masing-masing pembangkit : Misalnya untuk Hybrid PV-Mikrohydro, pada musim penghujan air banyak tetapi matahari relatif sedikit, dan sebaliknya jika musim kemarau.
Mengoptimalkan kemampuan system pembangkit : pada Hybrid PV-Genset, genset untuk memenuhi kebutuhan pada saat " peak load " , sedangkan pada saat " base load " genset dimatikan dan PLTS mencatu listrik ke jaringan, dengan demikian masing-masing pembangkit dapat beroperasi pada kapasitas optimalnya.
Mengurangi ketergantungan pada suplai BBM: pada Hybrid PV-Genset pemakaian genset dapat dikurangi sampai dengan 75% , tanpa mengganggu suplai kebutuhan listrik, sehingga ketergantungan suplai BBM untuk genset dapat dikurangi.
Meningkatkan keandalan ( reliability) dan kualitas suplai listrik. Grid connected/ BIPV dapat meningkatkan keandalan dan kualitas suplai listrik karena listrik yang disuplai lebih stabil dan dapat di-set agar memiliki fungsi back up.

Alasan ekonomisnya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan efisiensi system pembangkit: Hybrid PV-Genset mengurangi biaya operasional system, karena pada saat " base load " dimana kebutuhan listrik konsumen jauh dibawah kapasitas genset, maka genset dapat dimatikan dan PLTS menggantikan, sehingga genset tidak dibiarkan beroperasi pada kapasitas dibawah kapasitas optimum.
Meningkatkan keandalan ( reliability) dan pelayanan, secara ekonomis. Listrik pedesaan yang beroperasi 6-12 jam per hari dapat ditingkatkan menjadi beroperasi penuh 24 jam/ hari secara ekonomis. Apabila peningkatan dilakukan dengan menggunakan genset saja maka investasi yang dibutuhkan kecil tetapi biaya operasi akan meningkat karena pada saat " base load " genset terus beroperasi, ketergantungan terhadap suplai BBM juga semakin tinggi ( di pedesaan/ pulau terpencil sulit diharapkan kepastian suplai BBM) . Apabila peningkatan dilakukan dengan menambah PV saja, meskipun biaya operasi menjadi nol tetapi biaya investasi akan membengkak. Hybrid PV-genset dapat meningkatkan keandalan dan suply listrik 24 jam ( layanan kepada pelanggan) dengan menghindari penambahan investasi awal yang terlalu besar, menghindari biaya operasi yang besar, dan mengurangi ketergantungan terhadap suplai BBM.

Feature:

System hybrid pada dasarnya adalah customized system. System dirancang dengan memperhatikan kebutuhan spesifik dan target yang ingin dicapai, oleh karenanya komposisi kontribusi masing-masing pembangkit dapat diatur agar target dapat dicapai dengan baik. System Hybrid PV-Genset untuk listrik pedesaan di isolated grid misalnya, umumnya dirancang 20-30% PLTS dan 70-80% genset, rancangan ini didasarkan pada load profile listrik pedesaan dimana umumnya " base load " berkisar antara 20-30% dari " peak load " .

Kapasitas System Hybrid umumnya adalah 10kW, 20kW, 40kW, 60kW, 80kW, 100kW. System paling besar yang pernah diterapkan di dunia adalah 10MW.

Dengan menggunakan teknologi moduler, system hybrid kami dapat dibangun dengan prinsip rumah tumbuh, misalnya jika diinginkan system hybrid 100kW tetapi kesiapan investasi hanya cukup untuk 20kW dahulu, maka dapat dibangun system yang 10kW dulu kemudian sisanya dibangun menyusul, system yang sdh dipasang terdahulu tidak akan dibuang.

Kami didukung oleh team engineer yang mengerti dan dilengkapi dengan system software yang dapat membantu melakukan perancangan system Hybrid dengan baik. Untuk dapat membantu calon konsumen merancang system hybrid yang baik, paling minim dibutuhkan data load profile. Untuk konsultasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami.

Contoh produk PLTH Hybrid Tenaga Surya dan Tenaga Angin :
1. Daya 500 Watt 220 Vac ( sinewave) ,
waktu nyala 12 jam,
harga = Rp. 87.000.000, -

2. Daya 5000 Watt 220 Vac ( sinewave) ,
waktu nyala 12 jam,
harga = Rp. 877.000.000, -

3. Pembangkit Listrik Hybrid Tenaga Surya 10 kW dan Tenaga Angin 4 kW
harga = Rp. Call
4. Pembangkit Listrik Hybrid Tenaga Surya 5 kW , Wind, PV, Diesel
harga = Rp. Call

Contoh produk PLTS single source Solar cell) :
1. Daya 100 Watt / 220 Volt kontinyu waktu nyala 12 jam,
harga = Rp. 14.950.000, -

2. Daya 900 Watt / 220 Volt ( sinewave) kontinyu waktu nyala 12 jam,
harga = Rp. 116.700.000, -



Kontak Perusahaan
Nama:Tn. Arie Respati [Pemilik/Pengusaha]
E-mail:
Situs Web:
Nomor Ponsel:Nomor ponsel Tn. Arie Respati di Surabaya
Nomor Telpon:Nomor telpon Tn. Arie Respati di Surabaya
Nomor Faks:Nomor faks Tn. Arie Respati di Surabaya
Alamat:Medokan Asri Barat V blok. H - 30
Surabaya 60294, Jawa Timur
Indonesia
menampilkan 10 dari 35 | Sebelum : Pick-Up and Engine Crane | Berikut : Mesin Peruncing Bamboo


Membuat situs langsung jadi?
Silahkan Klik disini!